Senin, 02 Juni 2008

APA ITU HMI?

APA ITU HMI?
HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) sebuah organisasi mahasiswa Islam yang didirikan pada 14 Rabiul Awal 1366 H atau tanggal 5 Februari 1947, di Yogyakarta. Organisasi mahasiswa yang terbesar dan tertua di Indonesia yang lahir hampir bersamaan dengan Agresi Militer Belanda I. Dalam suasana revolusi fisik yang menggelora HMI berdiri dan menetapkan tujuannya, yaitu “Mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan meningkatkan Syi’ar Islam di tanah air.”
Kelahiran HMI merupakan keharusan dari realitas sejarah umat Islam yang masih skeptis atas aktivitas mahasiswa yang penuh dengan huru-hara (cinta, pesta, dan buku) dan kondisi bangsa yang masih menghadapi berbagai ancaman dari dalam dan luar. Ketiga hal tersebut yang menggerakkan Lafran Pane untuk mendirikan HMI. Citra keislaman, kemahasiswaan, dan keindonesiaan tersebut harus selalu hadir dalam diri generasi muda Islam.
Dalam usia yang hampir menyamai Republik ini, HMI telah banyak berkiprah dalam pembangunan bangsa ini, jajaran alumninya banyak tersebar di mana-mana baik di parpol, cendekiawan, NGO/LSM, pemerintahan, agamawan, pengusaha, dll.
Setelah melalui perjalanan waktu yang panjang dengan berbagai sejarah yang dijalaninya, maka keberadaan HMI semakin dituntut eksistensinya. Untuk dapat mengikuti perubahan masyarakat di tengah-tengah kehidupan yang komplek dan dinamis saat ini, maka tujuan HMI kini ialah mewujudkan Insan Cita yakni “Terbinanya Insan Akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT.
1. Pelatihan Kader
Latihan Kader I / Basic Training
Latihan Kader II / Intermediete Training
Latihan Kader III / Advance Training
2. Struktur HMI terdiri dari
Pengurus Besar (dibantu Badko)
Pengurus Cabang (dibantu Korkom)
Pengurus Komisariat
3. Badan-Badan HMI yang disebut dengan Lembaga Kekaryaan HMI terdiri dari:
BPL (Badan Pengelola Latihan)
LKBHMI (Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Mahasiswa Islam)
LAPMI (Lembaga Pers Mahasiswa Islam)
LAPENMI (Lembaga Penelitian Mahasiswa Islam)
LDMI (Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam
dll.
HMI CABANG SURAKARTA KOMISARIAT HUKUM UNS
Sebagai ujung tombak perkaderan di lingkup Fakultas, komisariat Hukum UNS memberikan ruang-ruang bagi anggotanya melalui berbagai aktivitas dan sarana pendukung lainnya.
Jenis-jenis kegiatan yang diadakan antara lain:
1. Kajian Rutin meliputi
Kajian Islam Komprehensif
Kajian Hukum
Kajian NDP (Nilai Dasar Perjuangan)
Kajian Kemahasiswaan
Bedah Buku, Skripsi
Kelompok Belajar Hukum
Kegiatan Sosial Kemasyarakatan meliputi: Penyuluhan Hukum, Pengajian Ibu-ibu, Sarasehan, Pembentukan jaringan dengan Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi,Kunjungan ke Pengadilan.
2. Sarana penunjang kegiatan:
Perpustakaan yang berisi:
Skripsi
buku-buku akademik
laporan-laporan ilmiah
BPK/Modul
Buku-buku non akademik
Buku-buku Keislaman
Buku-buku Hukum
Buku-buku Pengetahuan Umum, politik, sosial, budaya.
Majalah
Jurnal
dll.
Untuk menjadi anggota HMI kawan-kawan mahasiswa baru dapat mendaftarkan diri lewat HMI Komisariat Hukum untuk mengikut Maperca (Masa Perkenalan Calon Anggota) selanjutnya Latihan Kader I dan jika lulus kawan-kawan dapat menjadi bagian dari keluarga besar HMI, berhak mengikuti seluruh proses pengkaderan dan kegiatan HMI.
YAKIN USAHA SAMPAI

Tidak ada komentar: